Langsung ke konten utama

Jenuh berorganisasi? Coba strategi ini!


(Author: Ananda Nabila Sakya, 26/05/2024)

Lingkungan di sekitar kita adalah dinamis dan berubah-ubah, rasa bosan seringkali menjadi hambatan yang dihadapi banyak individu. Meskipun organisasi menyediakan berbagai kesempatan untuk bertumbuh dan berkembang, dan tugas-tugas yang bervariasi, namun sering kali ada momen yang membuat kita merasa terjebak dalam situasi yang monoton dan tidak memuaskan.

Penting untuk memahami bahwa mengatasi rasa bosan bukanlah sekedar masalah individu, tetapi juga menjadi perhatian bagi keseluruhan organisasi. Dampaknya juga dapat dirasakan dalam kinerja, motivasi, dan kesejahteraan. Maka dari itu diperlukan beberapa strategis untuk menghadapi masalah ini.

Strategi-strategi ini meliputi langkah-langkah praktis, pendekatan psikologis. Dengan memahami dan menerapkan strategi-strategi ini secara efektif, diharapkan kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih berdaya, bermakna, dan memuaskan bagi semua anggota.

1.     Refleksi diri

Penting untuk kita melakukan refleksi diri dan memahami penyebab rasa bosan. Memahami akar penyebab rasa bosan juga dapat membantu kita menemukan langkah selanjutnya.

2.     Mencari tantangan

Jika rasa bosan itu disebabkan oleh tantangan yang kurang maka berikan proyek-proyek yang lebih menantang dengan mengambil tanggung jawab tambahan yang menarik juga dapat membantu merangsang minat dan motivasi.

3.     Mengambil inisiatif

Jangan pernah ragu untuk mengambil inisiatif dalam menciptakan perubahan positif dalam organisasi. Menawarkan ide-ide baru dan mengorganisir kegiatan sosial dapat membantu membangkitkan semangat dan mengurangi rasa bosan.  

4.     Menciptakan tujuan pribadi

Kita harus menetapkan tujuan-tujuan pribadi yang terkait dengan pekerjaan dalam organisasi. Dengan menetapkan tujuan yang spesifik, terukur dan dapat dicapai. Dengan begitu dapat memotivasi tambahan untuk tetap fokus dan terlibat.

5.     Evaluasi pilihan

Rasa bosan mungkin menjadi tanda bahwa saatnya untuk mencari kesempatan baru di tempat lain. Jika semua upaya untuk mengatasi rasa bosan tidak berhasil maka pertimbangan untuk mencari peluang baru yang lebih sesuai dengan minat, nilai dan tujuan.

Dalam semua strategi ini, penting untuk terus memantau dan mengevaluasi perasaan serta mengambil tindakan yang sesuai untuk memperbaiki situasi dalam organisasi. Tetap semangat dan kembali membangun perubahan-perubahan yang positif dalam diri kita, dengan begitu segala tujuan baik akan segera menuai hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PK IMM Allende Gelar Halal Bi Halal : Pererat Tali Silaturahmi dan Kebersamaan

  Surabaya, 05 Mei 2024 - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Allende menggelar Halal bi Halal di kediaman salah satu kader baru PK IMM Allende bersama para kader dan demisioner PK IMM Allende. Acara ini diadakan guna mempererat tali silaturahmi antara badan pengurus harian, kader, dan demisioner. Acara dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB yang dibuka oleh MC yang kemudian dilanjut dengan pembacaan gema wahyu ilahi oleh salah satu kader. tak berheni di situ, acara halal bi halal diisi dengan perkenalan dari masing-masing bph, kader serta demisioner yang kemudiam dilanjut dengan sharing session oleh para demisioner. Saudari Adeline selaku demisioner PK IMM Allende periode 22/23 menyampaikan harapannya dalam sharing session agar acara semacam ini dapat terus dilaksanakan agar dapat mempererat tali persaudaraan. Suasana bertabur dengan tawa dan candaan oleh para peserta halal bi halal. karena waktu menunjukkan waktu sholat maghrib, acara di pending dan dilanjutka

PK. IMM Allende gelar Baksos: Indah dalam Arti, Nyata dalam Aksi di Desa Pendil, Banyuanyar, Probolinggo

Pembukaan BAKSOS Desa Pendil, Kabupaten Probolinggo (Kab. Probolinggo, 15/06/2024) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK. IMM) Allende kembali menggelar acara Bakti Sosial (Baksos) yang pada tahun ini dilaksanakan di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Acara yang mengusung tema "Indah dalam Arti, Nyata dalam Aksi" ini berlangsung selama empat hari dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Acara hari pertama Baksos dibuka secara resmi oleh Bapak Dwi Rohmadiyanto selaku perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Probolinggo. Dalam sambutannya, Bapak Dwi mengapresiasi inisiatif PK. IMM Allende dan menekankan pentingnya kegiatan sosial seperti ini untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat. "Adik-adik tidak hanya menyelesaikan tugas akademik sebagai mahasiswa saja, namun adik-adik dapat berbagi dengan masyarakat luas di luar konunitas (IMM). Dan hal tersebut haruslah kita apresiasi," ujar Bapak Dwi. Ke

Ramadhan usai, apa yang telah kita dapati?

  (Illustrasi by Tetuko Hamka) PK IMM Allende mengindahkan Bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Bulan ini membawa keberkahan dari yang maha kuasa sehingga kita perlu memperbanyak aktivitas yang mendekatkan diri kepada sang pencipta. Di bulan ini, PK IMM Allende berupaya untuk berbagi kasih dan keindahan selama bulan Ramadhan ini, dimulai dari rutinitas belajar mingguan di Komunitas Cahaya Bunda yang rutin dilaksakan, lalu ada Pondok Ramadhan bertabur kasih yang dilaksanakan pada 24/3/2024 (KCB). Hingga diadakannya kajian-kajian untuk me- recharge   iman di bulan yang suci ini. Surabaya, 31/3/2024 (KCB). Komunitas Cahaya Bunda dengan dibantu Bidang Sospemas (SPM) mengadakan kegiatan bagi-bagi sembako untuk ibu-ibu dari anak binaan, serta berbagi kasih lewat berbagi baju lebaran untuk anak-anak binaan. Selain berbagi kasih untuk lingkungan rumah binaan serta sembako keliling Suraba