Langsung ke konten utama

ANA DINA ANA UPA, APA SIH MAKNA TEMA PADA KEGIATAN BAKTI SOSIAL PK IMM ALLENDE?

 
Foto Pembukaan Baksos PK IMM Allende 2023

 Teman kader sudah tau belum kalau komisariat Allende pada tahun ini melaksanakan bakti sosial (baksos) dimana? Pimpinan Komisariat Allende pada tahun 2023 ini melaksanakan baksos di Desa Soko, Kec. Temayang, Kab. Bojonegoro. Tema yang diusung pada kegiatan baksos tahun ini adalah "Ana Dina Ana Upa", tema ini diusung karena memiliki filosofi jawa yang memiliki arti “Ada Hari Ada Nasi”. Jadi maknanya yang terkandung adalah mengajarkan mengenai pentingnya menghargai waktu dan mensyukuri nikmat berupa rezeki yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya.

Pembukaan Baksos PK IMM Allende 2023

  Nah itu tadi teman-teman kader sudah paham nih terkait tema yang diusung, lalu gimana sih rangkaian acara kegiatan baksos yang dilaksanakan dari 27 Juni 2023 hingga 30 Juni 2023? Baca sampai akhir yah!
   Baksos memang bertujuan untuk melakukan penyembelihan hewan kurban dan membagikannya, tetapi selama kegiatannya ada beragam loh teman-teman kader. Misalnya membuka Pojok Literasi Allende yang diresmikan oleh Ketua Umum Koorkom UM Surabaya yaitu Misbahul Munir, selain membuka pojok literasi allende terdapat Penyuluhan Kesehatan Gratis untuk Lansia dan Remaja dimana PK IMM Allende menggandeng Dinas Kesehatan RS. Aisyiyah Bojonegoro dan Puskesmas Temayang. Gimana teman-teman kader keren yah? eits masih ada kegiatan lainnya loh.. Baca terus yah!

Pengobatan gratis oleh RS Aisyiyah Bojonegoro

Pengobatan gratis oleh Puskesmas Temayan

  Kegiatan yang dilakukan oleh PK IMM Allende adalah melakukan kegiatan sharing section dengan tema “Sex Education” dengan sasaran anak-anak dan remaja dengan pemateri yang sangat keren oleh Koorkom UM Surabaya yang kemudian dilanjutkan dengan safari tour yang berisikan game outbound yang dimana bertujuan untuk membangun kerjasama tim. Apa berhenti sampai disini? Tentu masih ada kegiatan lain dong misalnya Bazar pakaian layak pakai. Pakaian yang didapatkan berasal dari para mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi. Pengadaan Bazar layak pakai ini menurut Ketua pelaksana kak Fanisyah “Bazar pakaian layak pakai ini diadakan sebagai tanda persaudaraan dan tolong menolong kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan”. Oh iya bazar pakaian layak pakai ini tanpa pungutan biaya yah teman-teman kader jadi selama berlangsungnya bazar antusiasme warga sangat tinggi, sehingga warga bisa dengan bebas memilih dan memilah pakaian apa yang cocok dengannya.

Bazar Pakaian Layak Pakai

  Malam harinya teman-teman kader melakukan malam keakraban sekaligus menutup acara baksos PK IMM Allende tahun 2023 dengan bersilaturahmi para perangkat desa dan warga. Selesai penutupan dilanjut dengan bakar-bakar daging kurban dengan para panitia saja yang dimana diselingi bercerita terkait Allende dan perkuliahan yang bertujuan untuk memperkuat komunikasi antar kader. 
Gimana menurut teman-teman kader terkait kegiatan baksos tahun ini? Seru dong pastinya dan memiliki kesan tersendiri bagi yang menjadi panitia baksos tahun ini.
Bagikan kisah kalian dong teman-teman kader terkait kegiatan baksos ini, dengan komen dibawah yah dan bagikan ke medsos kalian!

Teman-teman kader yang menyiapkan makanan


Semoga yang baca ini bahagia selalu

© Bidang RPK
(Edited by Hamka)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PK IMM Allende Gelar Halal Bi Halal : Pererat Tali Silaturahmi dan Kebersamaan

  Surabaya, 05 Mei 2024 - Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Allende menggelar Halal bi Halal di kediaman salah satu kader baru PK IMM Allende bersama para kader dan demisioner PK IMM Allende. Acara ini diadakan guna mempererat tali silaturahmi antara badan pengurus harian, kader, dan demisioner. Acara dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB yang dibuka oleh MC yang kemudian dilanjut dengan pembacaan gema wahyu ilahi oleh salah satu kader. tak berheni di situ, acara halal bi halal diisi dengan perkenalan dari masing-masing bph, kader serta demisioner yang kemudiam dilanjut dengan sharing session oleh para demisioner. Saudari Adeline selaku demisioner PK IMM Allende periode 22/23 menyampaikan harapannya dalam sharing session agar acara semacam ini dapat terus dilaksanakan agar dapat mempererat tali persaudaraan. Suasana bertabur dengan tawa dan candaan oleh para peserta halal bi halal. karena waktu menunjukkan waktu sholat maghrib, acara di pending dan dilanjutka

PK. IMM Allende gelar Baksos: Indah dalam Arti, Nyata dalam Aksi di Desa Pendil, Banyuanyar, Probolinggo

Pembukaan BAKSOS Desa Pendil, Kabupaten Probolinggo (Kab. Probolinggo, 15/06/2024) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK. IMM) Allende kembali menggelar acara Bakti Sosial (Baksos) yang pada tahun ini dilaksanakan di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Acara yang mengusung tema "Indah dalam Arti, Nyata dalam Aksi" ini berlangsung selama empat hari dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat. Acara hari pertama Baksos dibuka secara resmi oleh Bapak Dwi Rohmadiyanto selaku perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Probolinggo. Dalam sambutannya, Bapak Dwi mengapresiasi inisiatif PK. IMM Allende dan menekankan pentingnya kegiatan sosial seperti ini untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat. "Adik-adik tidak hanya menyelesaikan tugas akademik sebagai mahasiswa saja, namun adik-adik dapat berbagi dengan masyarakat luas di luar konunitas (IMM). Dan hal tersebut haruslah kita apresiasi," ujar Bapak Dwi. Ke

Ramadhan usai, apa yang telah kita dapati?

  (Illustrasi by Tetuko Hamka) PK IMM Allende mengindahkan Bulan suci Ramadhan dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Bulan ini membawa keberkahan dari yang maha kuasa sehingga kita perlu memperbanyak aktivitas yang mendekatkan diri kepada sang pencipta. Di bulan ini, PK IMM Allende berupaya untuk berbagi kasih dan keindahan selama bulan Ramadhan ini, dimulai dari rutinitas belajar mingguan di Komunitas Cahaya Bunda yang rutin dilaksakan, lalu ada Pondok Ramadhan bertabur kasih yang dilaksanakan pada 24/3/2024 (KCB). Hingga diadakannya kajian-kajian untuk me- recharge   iman di bulan yang suci ini. Surabaya, 31/3/2024 (KCB). Komunitas Cahaya Bunda dengan dibantu Bidang Sospemas (SPM) mengadakan kegiatan bagi-bagi sembako untuk ibu-ibu dari anak binaan, serta berbagi kasih lewat berbagi baju lebaran untuk anak-anak binaan. Selain berbagi kasih untuk lingkungan rumah binaan serta sembako keliling Suraba